Thursday, June 14, 2012

Es Krim Berbahan Jamu, Why Not ?


Es Krim Berbahan Jamu, Why Not, Gitu looh?Sesuai namanya, es krim jamu ini tentu rasa dan bahan-bahannya juga berasal dari herbal jamu seperti kencur, temulawak, jahe dan semacamnya.
 "Ekspor tidak boleh dalam wujud jamu jadi. Perizinannya sulit meski  potensi ada luar biasa. Untuk itu  salah satunya  melalui makanan dan minuman seperti ice cream jamu dan makanan stroberi,"  kata Ketua Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia, Charles Saerang di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (12/6/2012).
Saat ini untuk ekspor keluar negeri, seperti ke Tiongkok memang cukup susah. Nah, salah satu yang bisa dilakukan adalah berdagang melalui asosiasi, karena mereka tidak begitu percaya ketika ada pengusaha asing bergerak sendiri dan dianggap hanya mau cari  untung.
"Sekali lagi, asosiasi memberikan kesempatan melalui makanan, bukan jamu karena itu dianggap sebagai obat," paparnya.
Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Sinde Budi Sentosa Budi Yowono mengakui sulit untuk mengirimkan produk ekspor jamu ke Tiongkok. Pihaknya pernah  menarik 10 kontainer karena produk pernah dilarang masuk sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.
"Masuk Tiongkok enggak gampang. Mereka maunya kita investasi dengan membuat pabrik di sana. Membangun  pabrik  gampang tapi penyediaan peralatan laboratoriumnya yang mahal. Jadi lebih baik  fokus kami arahkan ke dalam negeri," paparnya.
Ditambahkan Charles, ke depan juga akan digagas adanya sertifikasi jamu? "Dengan adanya sertifikasi memungkinkan dokter bisa memberikan jamu," tuturnya.

0 comments:

Post a Comment