Friday, June 15, 2012

5 Tempat Wisata Mistis di Pulau Jawa

Keindahan tempat-tempat wisata berbanding lurus dengan cerita-cerita mistis yang seram di dalamnya. Mistis, mitos dan keangkerannya, akan membuat bulu kuduk Anda merinding. Ini dia 5 tempat wisata mistis di Pulau Jawa!

Ada beberapa tempat di Pulau Jawa yang memiliki cerita seram dan mistis-mistis yang akan membuat dahi Anda berkerut. Anda bisa buktikan sendiri dengan berkunjung ke tampat-tempat seram ini. Berikut 5 tempat wisata mistis di Pulau Jawa:

1. Kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa

Kawasan Pantai Selatan memang menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Pantai Parangtritis, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tahukah Anda tentang pantangan untuk tidak memakai baju hijau di kawasan Pantai Selatan? Ya, jika Anda memakai baju hijau, maka konon Anda akan diculik oleh Ratu Kidul dan jinnya.

Ratu Kidul dan para jinnya bersemayam di kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa. Tak heran, bayak larangan yang akan Anda temukan seperti tidak berkata kasar, menjaga kebersihan, dan tidak ke pantai saat malam hari atau maghrib tiba di sekitar kawasan Pantai Selatan. Ada banyak juga orang yang mengaku telah bertemu dan bertamu di kerajaan Ratu Kidul di laut selatan. Selain itu, kawasan Pantai Selatan Jawa kerap dijadikan untuk tempat bertapa.



2. Lawang Sewu

Lawang Sewu memiliki arsitektur yang megah dan bersejarah. Bangunan yang dikenal dengan seribu pintu ini juga memiliki cerita mistis yang akan membuat bulu kuduk Anda merinding. Keangkeran Lawang Sewu memang sangat terkenal, bahkan salah satu acara tv 'Dunia Lain' pernah melakukan 'uji nyali' di tempat ini.

Saat itu, seseorang yang sedang uji nyali melihat sosok penampakan wanita berambut panjang! Rekaman penampakan tersebut sudah dapat diakses di youtube dan Anda bisa langsung melihatnya. Lawang Sewu mempunyai sejarah yang panjang, tempat ini juga pernah menjadi pembantaian terhadap tentara Belanda oleh tentara Jepang. Ruangan bawah tanahnya sangat sempit dan lembab, konon banyak masyarakat pribumi yang dipenjara dan dibiarkan mati di tepat tersebut.

Menurut beberapa kuncen, hantu yang sering menampakan diri adalah harimau putih dan Nona Belanda. Nona Belanda, bisa dibilang sebagai hantu yang 'paling kuat' di tempat ini. Jika ada pengunjung yang kerasukan Nona Belanda, maka dibutuhkan lebih dari satu kuncen untuk mengeluarkannya. Jika berani, Anda bisa buktikan sendiri!



3. Museum Fatahillah

Anda pasti mengenal tempat yang satu ini, letaknya di daerah Kota Tua Jakarta menjadikan tempat ini mudah untuk dikunjungi. Museum Fatahillah memiliki banyak peninggalan-peninggalan antik dari zaman Belanda, seperti beberapa perabotan, meja, kursi dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tidak sedikit cerita-cerita mistis yang sangat terkenal dan mencekam di Museum Fatahillah.

Salah satunya adalah penjara bawah tanah yang terkenal sebagai tempat menghukum para pribumi. Konon, mereka ditawan dengan cara yang sadis dan banyak para tahanan yang mati di penjara bawah tanah. Tak heran, bagi sebagian orang yang datang ke Museum fatahillah pada malam hari, akan mendengar suara rintihan dan jeritan.

Tidak hanya itu, di salah satu ruangan terdapat pedang yang digunakan untuk menghukum mati para tahanan. Pedang tersebut cukup panjang dan besar, kabarnya darah para tahanan yang ada di pedang tersebut tidak dicuci dan dibiarkan begitu saja. Museum ini juga memiliki ruangan-ruangan rahasia dan menambah misteri serta mistis yang tersembunyi.



4. Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Keindahan matahari terbitnya, akan mampu membuat siapa pun terpesona. Akan tetapi, Anda harus mentaati peraturan-peraturan dalam mendaki Gunung Lawu. Banyak orang-orang yang mendaki Gunung Lawu untuk bertapa dan bersemedi. Konon, Gunung Lawu bisa dibilang sebagai pusat spiritual di Pulau Jawa.

Mitos yang paling terkenal di Gunung Lawu adalah adanya pasar setan. Pasar setan berada di dekat Hargo Dalem, salah satu puncak Gunung Lawu. Pasar setan tidak bisa dilihat oleh mata orang biasa. Jika Anda mendengar suara seperti menawarkan sesuatu, seperti 'beli apa dek?', Anda diharuskan mengeluarkan uang dan melemparnya. Masih banyak mitos di Gunung Lawu yang akan menantang adrenalin Anda.



5. Alas Purwo

Alas Purwo memiliki keindahan alam berupa pegunungan, hutan, gua, aneka satwa, dan pantai yang menggoda. Alas Purwo kini juga telah dijadikan sebagai Taman Nasional Alas Purwo, sebagai tempat konservasi lingkungan.

Alas Purwo adalah tempat yang sering digunakan orang untuk bertapa menambah ilmu gaib dan bahkan pesugihan! Hal tersebut dikarenakan, Alas Purwo merupakan tempat kerajaan jin terbesar di Pulau Jawa. Di sana, ada terdapat lebih dari 30 gua yang digunakan untuk bertapa. Di beberapa gua dan jalanan, jangan heran bila Anda menemukan banyak sesajen.

Konon, ada banyak mahluk halus dan siluman di tempat ini. Disarankan bagi Anda yang ingin ke Alas Purwo, untuk menjaga mulut untuk tidak berkata jorok, tidak berpikir negatif, menaati peraturan dari warga setempat, dan jangan merusak alam. Menurut dukun atau orang pintar, Alas Purwo adalah pusat dari kerajaan makhluk halus di Banyuwangi hingga Situbondo.

Itulah beberapa tempat mistis di Pulau Jawa. Jangan takut, sebab hal-hal mistis tersebut hanya menjadi nilai tambah saat Anda berkunjung ke beberapa tempat tersebut. Selama Anda tidak menganggu para 'penunggu' di tempat-tempat tersebut, dijamin Anda tidak akan terganggu.



sumber : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13425193

































0 comments:

Post a Comment